Home » , » Perawatan Rutin Komputer yang Harus Anda Lakukan

Perawatan Rutin Komputer yang Harus Anda Lakukan



Perawatan komputer. Mungkin Anda sudah mengetahui caranya. Anda tahu apa yang harus dilakukan untuk menghindari melambatnya kinerja komputer. Namun yang jadi pertanyaan, kapankah perawatan rutin tersebut harus dilakukan? Tiap hari? Tiap minggu? Tiap bulan? Tahun?
Berikut ini adalah panduan perawatan rutin untuk komputer Anda. Apa saja yang harus dilakukan tiap hari, tiap minggu, tiap bulan, bahkan tiap tahun.
Harian
Update antivirus
Update lah antivirus Anda. Kebanyakan antivirus menyediakan update tiap hari.
Back up file penting
Simpanlah salinan file penting yang baru saja Anda kerjakan di flash disk atau hard drive eksternal. Jika tiba-tiba komputer Anda terkena virus hari itu juga, dan file-file jadi rusak, file penting Anda aman.
Mingguan
Back up file penting ke internet
Mungkin Anda belum terbiasa melakukannya. Tapi lakukanlah. Buatlah sebuah akun di website file sharing (misal: Mediafire). Kemudian upload file penting Anda ke sana. Dengan demikian saat komputer terserang virus, dan terjadi sesuatu pada flash disk Anda, file penting tersebut tetap aman.
Membersihkan file sampah
Untuk hal ini, Anda dapat melakukannya dengan fasilitas bawaan Windows (disc clean up) atau pun menggunakan program pihak ketiga seperti Tune Up atau CCleaner.
Baca di sini untuk lebih detailnya…
Defragmentasi hard disk
Baca di sini untuk lebih detailnya…
Jalankan full scan
Untuk berjaga-jaga, jalankanlah full scan antivirus Anda. Biarkan antivirus tersebut ‘memeriksa’ seluruh bagian komputer Anda. Alasannya melakukan ini tiap minggu adalah, mungkin beberapa hari ke belakang ada virus yang lolos saringan antivirus. Hal ini bisa saja terjadi karena pada saat itu update antivirus Anda belum bisa mendeteksi virus tersebut.
Aturlah file-file Anda
Mungkin ketika menerima file baru, entah itu hasil download atau mengcopy dari teman, Anda segera meletakkannya di desktop atau di folder downloads. Tentunya hal ini tidak baik untuk pengaturan file. File-file Anda akan tercampur. Ketika hendak mencarinya Anda akan lebih susah menemukannya.
Aturlah file-file yang ada. Kelompokkan dalam folder-folder tertentu yang sesuai. Saya sendiri selalu melakukan pengaturan file seminggu sekali. Dan ketika saya butuh file tersebut, saya dapat menemukannya dengan mudah.
Dan jangan lupa, berikan nama file yang sesuai. Banyak orang tidak menamai file yang diterimanya. Asal simpan saja. Tentu saja ketika membutuhkan file tersebut maka ia akan sulit menemukannya.
Kosongkah recycle bin
File yang dihapus dari hard disk akan dikirim ke recycle bin. Recycle bin ini juga membutuhkan ruang hard disk Anda. Dengan kata lain, file yang dihapus kemudian dikirim ke recycle bin tidak benar-benar terhapus. File-file tersebut tetap membutuhkan ruang di hard disk Anda.
Oleh karena itu, hapuslah. Dokumen yang berada dalam recycle bin selama seminggu kemungkinan besar sudah tidak akan dikembalikan lagi ke tempat semula.
Cara mengosongkan recycle bin, klik kanan lah ikon recycle bin di desktop. Kemudian pilih “Empty recycle bin”.
Bulanan
Update software
Update lah software yang sering Anda gunakan. Biasanya software-software versi terbaru akan lebih baik daripada versi lama. Mungkin performanya lebih baik dan konsumsi sumber daya komputer pun berkurang. Dengan demikian komputer Anda bisa lebih cepat.
Uninstall program
Lakukan uninstall pada program-program yang tidak pernah Anda pakai lagi. Sisakanlah ruang yang lebih banyak di hard disk Anda. Ingat, hard disk yang terlalu penuh akan memperlambat kinerja komputer.
Setengah tahunan
Bersihkan komputer Anda dan aksesorisnya.
Makin lama digunakan, komputer akan ‘mengoleksi’ debu. Debu yang terkumpul ini bisa mengganggu kerja komputer. Misalnya saja pada kipas pendingin. Kipas jadi tidak dapat berputar maksimal. Akibatnya tidak dapat mendinginkan dengan benar. Komputer jadi panas. Umurnya pun bisa jadi pendek. Cepat rusak.
Untuk perawatan fisik ini, jika Anda tidak yakin sanggup melakukan perawatan pada bagian-bagian komputer Anda, gunakanlah jasa servis komputer.
Tahunan
Perbarui langganan software
Jika Anda pengguna software-software asli, perbarui lah langganan Anda terhadap software tersebut. Tentunya jika Anda merasa nyaman dengan software tersebut.
Update driver
Update lah driver perangkat Anda. Misal: driver VGA. Update driver dilakukan agar perangkat keras komputer Anda bisa bekerja maksimal.
Pengalaman saya, teman saya pernah mencoba memainkan game. Ternyata di laptopnya game tersebut menjadi kacau gambarnya. Namun ketika dicoba di laptop saya (sama model, spesifikasi sama) game tersebut lancar. Setelah diselidiki, ternyata driver VGA laptop teman saya tersebut tidak pernah diupdate. Setelah ia update game tersebut jadi lancar.
Lakukan secara teratur
Lakukan perawatan tersebut secara teratur. Jika tidak, saat komputer Anda sudah terlalu lambat, file-file tidak teratur penempatannya, maka Anda akan memerlukan waktu lama untuk membenahinya.
Parahnya lagi, jika sudah sampai pada kerusakan fisik (misal: karena terlalu panas) bisa saja Anda harus mengganti komponen komputer. Akan dibutuhkan biaya lebih.
Lain halnya jika Anda menyisihkan waktu sebentar untuk melakukan perawatan rutin. Sayangilah komputer Anda. :)
Apa pendapat Anda tentang perawatan rutin tersebut? Mungkin Anda memiliki tips lain untuk perawatan rutin komputer?